Rumus Perpindahan dan Cara Menghitung Besar Perpindahan

Rumus Perpindahan
Salam sapa kembali para pembaca setia BT. Hari ini Om akan membahas tentang Rumus Perpindahan dan Cara Menghitung Besar Perpindahan suatu objek atau benda. Yukk disimak!

Apa Itu Perpindahan?

Perpindahan adalah jarak terpendek dari posisi akhir dan posisi awal dari sebuah benda. Artinya saat mengitung perpindahan, yang kita hitung seberapa menyimpangnya benda berdasarkan posisi awal dan akhirnya. Perpindahan merupakan besaran vektor sehingga dapat bernilai maupun negative. Perhatikan gambar dibawah ini.

Pada gerak satu dimensi seperti pada gambar diatas, perpindahan bernilai positif jika arahnya ke kanan dan negatif jika arahnya kekiri. Apabila  benda bergerak dari posisi  x1 ke x2 maka perpindahannya dapat dituliskan sebagai berikut :
Adapun pada gerak dua dimensi, maka perpindahan dicari dengan menggunakan perhitungan resultan dari AB ke BC dengan menggunakan pendekatan dalil Pythagoras.
Contoh:

1. Lia berjalan 6 m ke timur kemudian berbelok ke utara sejauh 8 m. Berapakah perpindahan Lia dari posisi awal?

Jawab :


Besar Perpindahan = Panjang sisi miring

∆x =√(6^2  + 8^2 )
∆x =√(36 + 64)
∆x =√100
∆x =10

Jadi, besarnya perpindahan Lia dari posisi awal adalah 10 meter.

2. Fitria melakukan perjalanan napak tilas dimulai dari titik A ke titik B : 600 m arah utara; ke titik C 400 m arah Barat; ke titik D 200 m arah selatan; dan kemudian berakhir di titik E 700 m arah timur. Besar pepindahan yang dialami Fitria adalah….

Jawab:

Diketahui:

AF = AB – BF =AB – CD = 600 m  – 200 m = 400 m
EF = DE – DF = DE – BC = 700 m – 400 m = 300 m

Selanjutnya gunakan rumus phytagoras :


Jadi, Besarnya perpindahan yang dialami oleh Fitria adalah 500 meter
3. Budi berjalan sejauh 6 meter ke timur, kemudian 6 m ke selatan dan  2 m ke timur. Perpindahan Budi dari posisi awal adalah…
Jawab:


Jadi, perpindahan Budi dari posisi awal adalah 10 meter
Demikian bahasan kita sobat BT tentang Rumus Perpindahan dan Cara Menghitung Besar Perpindahan. Sampai ketemu pada artikel berikutnya. [bt]

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : [email protected]

Check Also

Pengertian Besaran Vektor dan Besaran Skalar

Dear sahabat BT hari ini Om BT akan sharing tentang Pengertian Besaran Vektor dan Besaran Skalar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *