Rumus Net Profit Margin dan Contoh Hitungannya

Rumus Net Profit Margin
Rumus Net Profit Margin dan Contoh Perhitungannya

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Rumus Net Profit Margin dan Contohnya Hitungannya. Rumus ini penting bagi pengusaha pemula.

Latar Belakang

Anggaplah saat ini kita sedang menjalankan usaha penjualan alat-alat listrik. Untuk mengetahui potensi keuntungan dari penjualan diperlukan rumus net profit margin ini.

Bagi para usahawan, Net Profit Margin (marjin laba bersih) itu sendiri memperlihatkan profitabilitas yang dihasilkan dari penjualan. Profit biasanya dinyatakan dalam kaitannya dengan laba bersih (net income) dan laba kotor (gross profit).

Dengan membandingkan laba bersih dengan total penjualan, investor dapat melihat berapa persentase pendapatan yang digunakan untuk membayar biaya operasional dan biaya non-operasional serta berapa persentase tersisa yang  dapat  membayar dividen ke para pemegang saham ataupun berinvestasi kembali ke perusahaannya.

Laba dapat ditingkatkan dengan menghasilkan pendapatan tambahan atau dengan mengurangi biaya.

Rumus Net Profit Margin

Net Profit Margin ini dapat dihitung dengan cara membagi laba bersih dengan total penjualan.

Berikut ini adalah rumus Net Profit Margin :

Marjin Laba Bersih = Laba Bersih setelah Pajak / Pendapatan Penjualan bersih

Atau dalam bahasa Inggris :

Net Profit Margin = Net Profit / Net Sales

Contoh Perhitungan Net Profit Margin

Berdasarkan laporan per tanggal 31 Juni 2018, Pendapatan Penjualan bersih (Net Sales) CV. Mitra Jasa Teknik adalah sebesar Rp. 19.368.000.000,-. Sedangkan Laba Bersih setelah Pajak (Net Profit) perusahaan ini adalah sebesar Rp. 2.650.000.000,- . Berapakah Marjin Laba Bersih atau Net Profit Margin (NPM) CV. Mitra Jasa Teknik ini?

 Diketahui :

Pendapatan Penjualan Bersih (Net Sales) : Rp. 19.386.000.000,-.

Laba Bersih setelah Pajak (Net Profit after Tax) : 2.650.000.000,-

Marjin Laba Bersih (Net Profit Margin) : ??

 Jawaban :

Marjin Laba Bersih = Laba Bersih setelah Pajak / Pendapatan Penjualan bersih

Marjin Laba Bersih = Rp. 2.650.000.000,- / Rp. 19.386.000.000,-

Marjin Laba Bersih = 13,67 %

Jadi Margin Laba Bersih CV. Mitra Jasa Teknik adalah sebesar 13,67 %.

Analisis Net Profit Margin 

Tujuan perhitungan Net Profit Margin adalah untuk mengukur keberhasilan keseluruhan bisnis suatu perusahaan. Net Profit Margin yang tinggi menunjukan perusahaan menetapkan harga produknya dengan benar dan berhasil mengendalikan biaya dengan baik.

Rasio Net Profit Margin ini akan sangat berguna apabila membandingkan profitabilitas pesaing di industri yang sama karena memiliki lingkungan bisnis dan basis pelanggan yang sama serta memiliki struktur biaya yang hampir sama.

Umumnya, meski tergantung pada jenis industri dan struktur bisnisnya, Net Profit Margin dengan persentase lebih dari 10% sudah dianggap sangat baik.

Demikian postingan Om BT tentang Rumus Net Profit Margin dan Contohnya Hitungannya yang kami sarikan dari berbagai sumber. Semoga Bermanfaat. [www.blogteknisi.com]

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : [email protected]

Check Also

Rumus Perpindahan dan Cara Menghitung Besar Perpindahan

Salam sapa kembali para pembaca setia BT. Hari ini Om akan membahas tentang Rumus Perpindahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *