Rangkaian Pengasutan (Starting) Bintang Segitiga (Star Delta)

Rangkaian Pengasutan Bintang Segitiga (Star Delta)

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang rangkaian pengasutan bintang segitiga (star delta) motor induksi 3 fasa. Semoga bermanfaat.

Sebelumnya Om BT sudah pernah sharing tentang pengasutan (starting) DOL (Direct On Line) pada motor induksi 3 fasa. Motor induksi ini sendiri adalah salah satu jenis dari motor-motor listrik yang biasanya dipakai di lingkungan industri.

Motor-motor Listrik

Motor listrik adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Alat yang berfungsi sebaliknya, mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut generator atau dinamo.

Motor listrik dapat ditemukan pada peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, pompa air dan penyedot debu.

Motor listrik yang umum digunakan di dunia Industri adalah motor listrik asinkron atau yang dikenal dengan motor induksi. Motor induksi biasanya dikenal dengan dua standar global yakni IEC dan NEMA.

Motor induksi IEC berbasis metrik (milimeter), sedangkan motor induksi NEMA berbasis imperial (inch), dalam aplikasi ada satuan daya dalam horsepower (hp) maupun kiloWatt (kW).

Sedangkan motor induksi adalah motor listrik yang merubah energi  listrik  menjadi  energi mekanik dengan menggunakan gandengan medan listrik  dan  mempunyai  slip antara  medan stator dan  medan rotor.

Karakteristik motor induksi 3 fasa adalah arus bebannya tinggi pada sumber tegangan dengan pengasutan langsung. Menghasilkan arus start dan lonjakan yang tinggi jika diaplikasikan pada tegangan penuh, akan mengakibatkan penurunan tegangan sumber dan pengaruh transien torsi pada sistem mekanik.

Karakteristik Pengasutan Bintang Segitiga (Star Delta)

Pengasutan (starting) bintang segitiga atau sering dikenal dengan Star Delta adalah pengasutan yang paling terkenal diantara jenis pengaturan motor induksi lainnya. Pengasutan ini dapat mengurangi lonjakan arus dan torsi pada saat start.

Tersusun dari 3 buah kontaktor magnetik yaitu Kontaktor Utama, Kontaktor Bintang (Star) dan Kontaktor Segitiga (Delta), Timer untuk pengalihan dari Star ke Delta serta sebuah Thermal Overload Relay (TOR) atau relai pengaman arus lebih.

Pada pengasutan Star – Delta karakteristik Torsi dan Arus motor induksi bisa dilihat pada gambar di bawah :

Karakteristik Pengasutan Bintang Segitiga (Star - Delta)
Karakteristik Pengasutan Bintang Segitiga (Star – Delta)

Bagian kurva Torsi terhadap Kecepatan yang diberi bayangan arsir adalah torsi akselerasi yang dibutuhkan untuk meng-asselerasi beban. Perhatikan torsi start pada rangkaian bintang harus selalu lebih besar dari torsi awal beban supaya motor dapat mengangkat beban dan berakselerasi menuju kecepatan nominal.

Prinsip Kerja Pengasutan Bintang Segitiga (Star Delta)

Pada saat start, starter terhubung secara Star. Gulungan stator hanya menerima tegangan sekitar 0,578 (VL-L/√3). Jadi arus dan torsi yang dihasilkan akan lebih kecil dari pada DOL Starter. Setelah mendekati speed normal starter akan berpindah menjadi terkoneksi secara Delta.

Rangkaian Pengasutan (Starting) Bintang Segitiga (Star Delta) Motor Induksi 3 Fasa
Rangkaian Pengasutan (Starting) Bintang Segitiga (Star Delta) Motor Induksi 3 Fasa

Starter ini akan bekerja dengan baik jika saat start motor tidak terbebani dengan berat. Jika tombol S1 ditekan, timer K4 akan energized dan mengoperasikan kontaktor Star (Y)  K2 dan kemudian kontaktor utama K1. Motor mulai dalam konfigurasi bintang (Y). Motor akan beroperasi pada mode bintang (Y) sesuai settingan waktu pada Timer K4.

Setelah selang beberapa waktu dari settingan timer K4, kontaktor delta (Δ) K3 beroperasi dan motor sekarang berjalan dalam mode delta (Δ). Thermal Overload Relay dapat dipasang diarus utama atau disirkuit (Δ).

Dalam diagram, Thermal Overload Relay dipasang di rangkaian delta (Δ). Di rangkaian delta (Δ), pengaturan relai harus 1/√3 dari arus beban penuh motor.

Demikian postingan Om BT tentang rangkaian pengasutan bintang segitiga (star delta) motor induksi 3 fasa. Semoga bermanfaat!. [www.blogteknisi.com]

Check Also

rangkaian pengasutan dol motor induksi

Rangkaian Pengasutan (Starting) DOL (Direct Online)

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang rangkaian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *