Penyebab AC Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Berair dan Cara Mengatasinya

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang penyebab AC berair dan cara mengatasinya. Sebelumnya telah kita bahasa bagaimana cara merawat Indoor dan Outdoor AC (Air Conditioner).

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas penyebab AC bisa berair. Masalah ini adalah masalah klasik dari setiap unit AC yang terpasang di rumah, perkantoran maupun tempat-tempat lainnya. Sehingga kita perlu punya pengetahuan untuk tahu apa yang menyebakan AC berair dan cara mengatasinya.

Penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan (evaporative cooling), biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Gambaran sederhana siklus pendingin
Gambaran sederhana siklus pendingin. 1: kondensor, 2: katup ekspansi, 3: evaporator, 4: kompresor.

Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Ditinjau dari konstruksinya, unit AC dibagi menjadi dua bagian atau 2 sisi, yakni sisi Indoor dan sisi Outdoor. Pada bagian Outdoor yaitu bagian yang berada di luar ruangan dan pada bagian Indoor ialah bagian yang berada di dalam ruangan.

Sisi Ourdoor AC terdiri dari:

  • Daun kipas (daun fan) yang bisa bergerak
  • Tangki penampung air
  • Pipa kapiler dan kondensor
  • Filter udara sebagai penyaring kotoran

Sisi Indoor AC terdiri dari:

  • Katup ekspansi
  • Pipa penguapan (pipa evaropator)
  • Daun kipas pendorong (blower) udara segar
  • Dan lain sebagainya

Penyebab berairnya AC  

Air yang menetes dari AC disebabkan oleh adanya penyumbatan pada penyaring udara masuk di bagian Indoor AC, sehingga jumlah udara yang masuk ke AC menjadi berkurang. Akibatnya terbentuklah es atau icing pada AC. Es ini lama kelamaan akan kembali mencair dan jadilah tetesan air.

filter debu indoor ac
Gambar Filter Debu Indoor AC

Bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk mengatasinya, bersihkan filter udara. Caranya matikan AC, buka cover penutup AC, lalu ambil filter udara (berwarna hitam, terbuat dari plastik) bersihkan dengan air, lalu keringkan. Setelah itu pasang kembali dan AC bisa anda nyalakan kembali.  

Ada baiknya membersihkan filter udara dilakukan secara berkala, setiap 1-4 minggu sekali. Memang frekuensi pembersihan tergantung pula oleh kondisi udara ruangan di mana AC dipasang. Pada ruangan yang relative berdebu, biasanya filter AC akan cepat tersumbat. Lebih baik memang ruangan sering dibersihkan dan pasang sebuah exhaust fan.  

Demikian postingan kami tentang penyebab AC berair dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ! [www.blogteknisi.com]

Check Also

Kenalilah 5 Komponen dari Unit AC Anda

Kenalilah 5 Komponen dari Unit AC Anda

Dear Sahabat BT, masih tentang pembahasan AC (Air Conditioner). Postingan kali ini, Om BT ingin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *