macam-macam satuan baterai

Penjelasan Satuan Ukuran pada Baterai

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing innfo tentang penjelasan satuan ukuran pada baterai, berikut ini penjelasannya!.

Sahabat BT mungkin sudah sering mendengar satuan ukuran untuk baterai. Namun mungkin masih ada yang belum jelas tentang keterangan satuan-satuan tersebut.

Nah hari ini berikut ini beberapa satuan yang sering dipakai dan cara penulisannya:

volt / V

volt / V adalah satuan yang menyatakan tegangan pada baterai. Tegangan adalah beda potensial listrik. Penulisan satuan volt adalah volt dengan huruf kecil, atau singkatan ‘V’ dengan huruf besar.

watt/W

Watt / W adalah satuan yang menyatakan daya atau konsumsi energi per satuan waktu. Secara rumus watt (daya) didapat dari perkalian antara volt (tegangan) dengan ampere (arus). Makin besar daya maka makin besar kapasitas energi yang dimiliki. Penulisan satuan watt adalah watt dengan huruf kecil atau singkatannya W dengan huruf besar.

mAh / miliampere-hour

mAh (miliampere-hour) adalah gabungan dari mA (miliampere) dan hour (jam). Satuan ini kebanyakan digunakan pada baterai lithium. Maksud mAh adalah kemampuan baterai tersebut memberikan arus persatuan waktunya, atau dengan kata lain adalah kapasitas baterai/daya tampung baterai tersebut dalam satuan waktu. Satuan mAh adalah hasil kali antara arus yang diberikan oleh baterai dengan waktu berapa lama baterai tersebut dapat memberikan arus sebesar itu.

 Contoh baterai Li-Ion dengan satuan ukuran mAh
Contoh baterai Li-Ion dengan satuan ukuran mAh

Misalkan ada baterai berkapasitas 1000 mAh, maka baterai tersebut dapat memberikan arus 1000 mA selama 1 jam, atau 500 mA selama 2 jam, atau 2000 mA selama 1/2 jam. Dalam prakteknya baterai makin boros ketika arusnya besar, jadi kalau kita memaksa dengan memberi arus besar, durasi arus itu tidak sebesar hasil perhitungan.

Ah/ampere-hour

Ah atau ampere hour mirip dengan mAh, hanya saja di sini digunakan satuan A (ampere), bukan mA (miliampere). 1 A = 1000 mA. Satuan Ah sering dipakai untuk baterai besar, sedangkan baterai kecil menggunakan satuan mAh. Tipe baterai industrial yang sering digunakan pada sistem solar panel memiliki satuan ukuran Ah, seperti baterai DCMF, VRLA, VLRA Gel, OPzV/OPzS, dan lain-lain.

baterai aki dengan satuan ukuran Ah
Contoh baterai Aki dengan satuan ukuran Ah

Wh/watt-hour

Wh atau watt-hour adalah satuan yang menyatakan energi total pada sebuah baterai. Wh ini dapat dihitung dengan mengalikan tegangan baterai (volt) dengan kapasitas baterai (Ah). Misal jika diketahui kapasitas baterai 100 Ah dengan tegangan 12 volt, maka energi total pada batere adalah 1200 Ah (100 Ah x 12 v = 1200 Ah).

Demikian postingan Om BT tentang penjelasan satuan ukuran pada baterai, semoga bermanfaat!. [bt]

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : [email protected]

Check Also

resistansi total para rangkaian paralel

Resistansi Total Pada Resistor Hubungan Paralel

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang resistansi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *