pengontrolan arus listrik

Pengontrolan Arus dengan Resistor dan Tegangan

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang pengontrolan arus dengan resistor dan tegangan. Silahkan disimak dengan baik.

Arus Dikontrol Oleh Resistor

Pada postingan sebelumnya tentang bagaimana mengukur arus. Anda akan mengingat kembali bahwa tegangan adalah tekanan listrik kadang disebut elektromotive force aratu emf dimana menyebabkan tekanan sehingga arus mengalir.

Dalam rangkaian resistor adalah perlawanan terhadap arus Di rangkaian elektronik salah satu fungsi utama komponen elektronik adalah mengontrol arus rangkaian. Kontrol ini dapat berupa pembatasan arus, menghidup matikan aliran atau beberapa cara lain mengontrol arus.

Jadi seorang teknisi harus memiliki pengetahuan bagaimana arus itu dikontrol dan harus mengetahui bahwa arus searah dapat dikontrol dengan tegangan atau tahanan pada rangkaian. Konsep pada percobaan ini adalah pengendalian arus dengan tahanan.

Hubungan Balik

Banyak kekuatan di Alam ini yang dapat menyebabkan perubahan pada objek. Itu adalah merupakan hukum alam, untuk contoh diperlihatkan bagaimana memperkecil kran air menyebabkan penurunan aliran air amati bahwa ini adalah perlawanan ganda terhadap aliran air, aliran air dipotong separuh.

Jika posisi katup lebih ditutup misalnya 2/3 maka aliran air tinggal 1/3. Bagaimanan hubungan antara aliran air dengan perlawanan kedudukan katup? hubungan ini disebut hubungan kebalikan dan mengacu kepada sebab akibat yang ternyata berlawanan. Dalam hal ini karena menaikan perlawanan aliran mengakibatkan penurunan aliran arus.

Sama seperti hukum yang telah kita bahas diatas yang ada hubungannya dengan perlakuan arus pada pengontrolan air. Aksi resistansi berlawanan terhadap arus listrik, hal ini sama dengan penggunaan keran pengatur air untuk pengontrolan arus. Anda dapat perhatikan jika nilai resistansi bertambah maka nilai arus berlawanan akan menurun.

Contoh : Tiga arus diturunkan sampai sepertiganya, seperti jika tahanannya setengahnya, arusnya ganda. Jika tahanan dikurangi sepertiganya, arusnya 3 kali lipat.

Huruf I besar digunakan untuk menandai arus listrik, begitu juga V untuk tegangan dan R untuk tahanan. Ada rumus yang menunjukan hubungan antara arus I, tegangan V, dan tahanan R. Hubungan ini menunjukkan hubungan berbanding terbalik antara I dan R dengan tegangan konstan V :

rumus arus listrik

Arus Dikontrol Oleh Tegangan

Yang terpenting dalam pengendalian arus adalah dengan merubah nilai tahanan pada rangkaian listrik yang mana telah didiskusikan sebelumnya. Percobaan ini cocok dengan pengendalian arus dengan menggantikan tegangan sumber. Arus dikontrol oleh tegangan.

Tegangan adalah perbedaan potensial yang meyebabkan arus mengalir, jika perbedaan potensialnya meningkat maka arus akan meningkat dan apabila perbedaan menurun maka arus pun akan turun lihat kembali pernyataan terakhir pernyatan diatas bagaikan penerangan tentang perpindahan air pada pipa.

Kita lihat bahwa peraturan alam sejalan dengan aktifitas arus mengalir sama dengan aktifitas alam yang lain. Saat ini ada keterkaitan, apabila kita apabila kita menekan lebih maka akan bergerak jauh pula, dan apabila kita menekan mendorong dengan ringan maka itu pun bergerak tidak jauh pula apabila kita anggap pelawan (Resistor) adalah tetap maka tegangan dianggap di tekan terus sejak rangkaian ini diberikan arus listrik dan tentu saja aliran yang mengalir adalah aliran listrik.

Sejak hubungan antara tegangan dan arus adalah searah, kiata dapat melihat jika tegangan beripat mak arusnya pun akan berlipat pula, dan apabila tegangan terhambat setengahnya maka arus pun akan terhambat setengahnya pula. Hubungan diantara arus dan tegangan dan rangkaian yang berhubungan digunakan untuk menganalisa dan menyelesaikan permasalahan dari komponen pasif.

Demikian postingan Om BT tentang bagaimana cara mengontrol arus dengan resistor dan tegangan. Semoga bermanfaat! [bt]

Sumber : MPTE-DLE SMK – Kemendikbud

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : [email protected]

Check Also

resistansi total para rangkaian paralel

Resistansi Total Pada Resistor Hubungan Paralel

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang resistansi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *