pengertian instalasi listrik dan penjelasannya

Pengertian Instalasi Listrik dan Penjelasannya

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang pengertian Instalasi Listrik. Semoga bermanfaat.

Sahabat BT, info ini mungkin berguna bagi teman-teman mahasiswa teknik elektro khususnya program studi teknik listrik yang mencari definisi atau pengertian Instalasi Listrik.

Baca Juga : Menggambar Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga

Menurut saya ini penting dipahami bukan hanya sekedar untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen anda, namun lebih dari itu agar kita bisa tahu betul seperti apa Instalasi Listrik itu tentunya dimulai dari definisi atau pengertian Instalasi Listrik itu sendiri.

Pengertian atau definisi terhadap sesuatu adalah penting untuk mengetahui darimana pangkal dan batasan sesuatu tersebut. Sehingga syarat sebuah definisi itu harus memenuhi 2 syarat yakni menyeluruh dan terproteksi dari hal-hal yang di luar dari pemaknaannya.

Begitupulah dengan istilah-istilah kelistrikan selalu di definisikan dengan jelas agar tidak ada kekaburan di dalamnya.

Instalasi listrik adalah suatu bagian penting dalam sebuah bangunan gedung yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari instalasi pengusaha ketenagalistrikan ke titik-titik beban.

Menurut Sugandi, I dkk., (2001) “pada hakekatnya instalasi listrik bangunan merupakan penyalur energi listrik…,jadi berfungsi sebagai penghantar”. 

Penyaluran tenaga listrik harus sesuai dengan peraturan yang telah distandarisasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dengan menerbitkan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) sebagai panduan umum (rujukan) instalasi listrik.

Baca Juga : Menggambar Instalasi Listrik Penerangan Rumah Tinggal

Seperti yang dijelaskan pada PUIL 2000 (1.1), adapun maksud dan tujuan Persyaratan Umum Instalasi Listrik ialah agar pengusahaan instalasi listrik terselenggara dengan baik, untuk menjamin keselamatan manusia dari bahaya kejut listrik, keamanan instalasi listrik berserta perlengkapannya, kemanan gedung serta isinya dari kebakaran akibat listrik, dan perlindungan lingkungan.

“Pihak-pihak yang terkait dengan instalasi listrik seperti pemilik, perencana, kontraktor, pengawas, produsen perlengkapan, pengawas keselamatan kerja, pengawas bangunan, penguji, penghuni, operator (jika ada), pemadam kebakaran, asuransi, harus diperhatikan kepentingannya” (Sugandi, I dkk., 2001: 4). 

Demikian informasi  tentang definisi atau pengertian Instalasi Listrik. Jika ada sumber referensi terbaru kami mohon dengan sangat untuk bisa berbagi dengan kami dikolom komentar agar ilmu kita bisa selalu up to date. Semoga bermanfaat! [www.blogteknisi.com]

Check Also

Rangkaian Pengasutan (Starting) Bintang Segitiga (Star Delta)

Rangkaian Pengasutan (Starting) Bintang Segitiga (Star Delta)

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang rangkaian …

4 comments

  1. trimakasih buat artikelnya,,
    sangat menarik buat di baca,,
    salam sukses gan,,.

  2. "instalasi pengusaha ketenagalistrikan" maksudnya apa? PLN kah?

  3. Iya betul jawabannya. Di Indonesia perusahaan listrik di dominasi PLN sebagai BUMN, tapi banyak juga perusahaan2 swasta seperti : PT. PEC (Paiton Energy Company), PT. Jawa Power, PT. Energi Sengkang, dll

  4. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *