Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi

Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi

Senang bisa jumpa lagi sahabat BT. Hari ini Om BT akan sharing tentang Audit Energi. Untuk memulainya ada baiknya kita berangkat dari pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi.

Informasi ini mungkin berguna bagi mahasiswa teknik Elektro maupun dari jurusan teknik lainnya yang ingin tahu lebih dalam tentang persoalan cara menggunakan dan menghemat energi.

Pemerintah kita sekarang ini lagi giat-giatnya melakukan kampanye hemat energi untuk menekan penggunaan energi di negeri ini. Olehnya itu butuh dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan agenda pemerintah tersebut.

Berlatar salah satu dari sini kemudian muncul mata kuliah audit energi untuk mengkaji lebih dalam sejauh mana pengetahuan kita tentang energi dan pemanfaatannya secara efektif dan efisien.  

Perlu digaris bawahi bahwa pelaksanaan audit energi bukan dalam rangka untuk melakukan penghematan energi dengan meninggalkan faktor kenyamanan dan standarisasi penggunaan energi yang telah baku.

Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN) definisi dari audit energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna energi dan pengguna sumber energi dalam rangka konservasi energi. (SNI 6196:2011). 

Sedangkan konservasi energi adalah suatu kegiatan pemanfaatan energi secara lebih efisien (optimal) dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan. (Abdurrachim, dkk., 2002).

Adapun tujuan dari konservasi energi pada bangunan gedung adalah agar terjadi upaya sistematis, terencana dan terpadu guna melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya tanpa mengorbankan tuntutan kenyamanan manusia dan/atau menurunkan kinerja alat. (SNI 6196:2011).  

Jadi, sederhananya tujuan dari audit energi adalah bagaimana mengidentifikasi dan melihat peluang efisiensi atau penghematan energi tanpa mengurangi kwalitas pengunaan energi itu sendiri, mengingat tingkat kebutuhan energi setiap saatnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  

Ilmu ini sangat penting. Selain berguna untuk masa depan sumber energi kita juga secara ekonomi sangat berguna bagi konsumen pengguna energi.

Demikian postingan saya tentang pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi. Semoga bermanfaat!. [www.blogteknisi.com]

Check Also

motor induksi prinsip kerja jenis dan konstruksinya

Motor Induksi ; Prinsip Kerja, Jenis dan Konstruksinya

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Motor Induksi; …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *