Mengenal Sensor Jarak (Proximity Sensor)

Mengenal Sensor Jarak (Proximity Sensor)

Hai sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Kali ini Om BT akan sharing tentang pembahasan sensor jarak (proximity sensor). Silahkan disimak, semoga bermanfaat!.

Om BT sebelumnya juga sudah membahas dasar-dasarnya dipostingan Pengertian Sensor, Transduser dan Aktuator. 

Sensor jarak (proximity sensor) adalah sensor yang mampu mendeteksi keberadaan benda-benda di sekitarnya tanpa adanya kontak fisik.  

Sensor ini sering memancarkan medan elektromagnetik atau sinar radiasi elektromagnetik (inframerah, misalnya), dan mencari perubahan di lapangan atau sinyal balik.

Objek yang dirasakan sering disebut sebagai target kedekatan sensor. Perbedaan target kedekatan sensor menuntut sensor yang berbeda pula.

Misalnya, capacitive proximity sensor atau photoelectric sensor mungkin sesuai untuk target yang berbahan plastik sedangkan inductive proximity sensor selalu membutuhkan target logam.

Jarak maksimum yang dapat dideteksi sensor ini disebut sebagai “rentang nominal”. Beberapa sensor memiliki penyesuaian kisaran nominal untuk mendeteksi jarak yang sesuai.

Sebagian orang menyebutnya dengan istilah“termosensasi”. Sensor ini dapat memiliki keandalan yang tinggi dan umur fungsional yang panjang karena tidak adanya bagian mekanis dan kurangnya kontak fisik antara sensor dan objek yang dirasakan.  

Sensor ini biasanya digunakan pada perangkat mobile yang digunakan untuk mengontrol aktif atau tidak aktifnya posisi tampilan layar (mode tidur) sebuah perangkat.

Misalnya saat kita melakukan panggilan dengan mendekatkan perangkat pada telinga kita, maka perangkat dengan sendirinya mematikan posisi layar sehingga jikapun layar tersentuh dengan telinga, panggilan tidak akan terganggu. 

Sensor ini juga digunakan dalam pemantauan getaran mesin untuk mengukur variasi rentang antara poros dan bantalan pendukungnya. Hal ini biasa terjadi pada turbin uap besar, kompresor, dan motor yang menggunakan bantalan tipe lengan.   

Dalam project robotik, sensor merupakan salah satu komponen yang penting dalam upaya mengembangkan kemampuan robot untuk menangkap input dari luar sistem untuk memicu aksi yang dilakukan oleh robot. Salah satu sensor dasar yang sejak project awal robotik sering digunakan adalah sensor jarak.  

Contoh aplikasi sensor jarak (proximity sensor) pada lift
Contoh aplikasi sensor jarak (proximity sensor) pada lift

Pada jenis tertentu, sensor ini (proximity sensor) biasanya dikoneksikan dengan perangkat PLC, tetapi pada keadaan tertentu juga bisa dikoneksikan langsung dengan beberapa macam peralatan kontrol semi digital ringan seperti Sensor Controller dan Digital Counter Relay.  

Demikian sharing Om BT tentang Sensor Jarak (Proximity Sensor). Semoga bermanfaat! [www.blogteknisi.com]

Check Also

memahami gerbang logika dan jenis-jenisnya

Memahami Gerbang Logika dan Jenis-jenisnya

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan kembali sharing tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *