mengenal instilah generator set (genset)

Mengenal Istilah Generator Set (Genset)

Senang bisa jumpa lagi sahabat BT, semoga hari ini sahabat dalam kondisi sehat, sejahtera dan gembira. Hari ini Om BT ingin berbagi tentang sesuatu hal yang mungkin sebagai besar sahabat sudah pada tahu yakni Generator Set (Genset).

Om BT kembali akan membahas Generator Set (Genset) ini secara singkat saja, semoga bisa berguna bagi adik-adik yang sedang belajar di jenjang sekolahan ataupun yang lainnya.  

Generator Set (Genset) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut Generator Set (Genset) karena perangkat ini adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator.

Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit listrik. Generator adalah sumber tegangan listrik yang diperoleh melalui perubahan energi mekanik menjadi energi listrik.

Generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul ggl induksi. Genset berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dalam bangunan -bangunan yang besar dan bersifat sebagai pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan bahan minyak diesel dalam skala kecil.

Fungsi generator adalah sebagai pengganti sementara (emergency) untuk mendapatkan tenaga aliran listrik ketika PLN mengalami pemadaman. 

Baca Juga : Prinsip Kerja Generator Sinkron (Alternator)

Besar kecilnya mesin generator disesuaikan dengan kebutuhan beban. Mesin generator memerlukan alat pembakar yaitu minyak diesel yang harus dapat disimpan didalam ruang generator dan diluar ruang generator.

Perputaran mesin yang dihasilkan daya listrik tidak dapat stabil, sehingga perlu adanya alat pengatur tegangan/stabilisator. Selain itu perlu adanya alat tambahan untuk menghidupkan secara otomatis jika aliran PLN padam.  

Atap ruangan sebaiknya tertutup rapat, paling baik dengan atap beton. Dinding dibuat dari tembok rangkap dan jika perlu diberi alat peredam suara, semuanya berfungsi mengurangi suara bising.

Pondasi generator dibuat terpisah dengan pondasi bangunan dengan cara diberi lapisan ijuk dan pasir. Udara didalam ruang generator akan menjadi panas akibat dari mesin generator maka perlu ditambahkan ventilasi atau diberi bantuan alat exhaust untuk mengalirkan udara ke dalam ruang tersebut.  

Jenis-Jenis Genset

Genset pertama dinamakan Generator Cakram Faraday. Jenis mesin generator set memiliki cara kerja yang berbeda berdasarkan jenis arus listrik.

Berdasarkan arus listriknya genset dibagi menjadi 2, yaitu Mesin Generator Set Listrik Alternator (AC) dan Mesin Generator Set Listrik Dinamo (DC). Untuk generator set jenis Listrik Alternator (AC), memiliki 2 kutub magnet yang saling dihadap-hadapkan agar bisa menghasilkan medan magnet.

Pada daerah tengah medan magnet terdapat sebuah kumparan yang berputar.

Dikarenakan kumparan terus berputar sehingga gaya magnet yang masuk berubah-ubah. Sifat arus listrik yang dihasilkan adalah arus bolak-balik yang berbentuk seperti gelombang (amplitudo bergantung pada medan magnet, luas penampang kumparan dan jumlah lilitan kawat).

Sedangkan, generator set jenis Listrik Dinamo (DC) memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin generator set alternator. Hal yang berbeda dari mereka berdua adalah genset DC menggunakan sistem cicin belah.

Baca Juga : Konstruksi Generator Sinkron (Alternator)

Cicin belah ini biasanya disebut dengan nama komutator, yang biasanya terletak pada bagian output. Apapun pilihan genset, perlu diketahui bahwa pada umumnya cara kerja genset memerlukan lilitan kawat dan kutub-kutub magnet.

Selain itu, para genset juga memerlukan bahan bakar. Bahan bakar yang banyak digunakan hingga saat ini tentu saja besin (solar), namun tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang sudah banyak yang mencoba dan membuat mesin diesel dengan tenaga baru.

Tenaga baru yang digunakan adalah adalah tenaga sinar matahari, yang memerlukan lempengan penyerap panas dari sinar matahari. Tetapi, tenaga baru ini masih kurang dikembangkan karena masih susahnya mengelolah gas dan membuat mesin yang cocok.

Demikian postingan saya tentang mengenal Generator Set (genset). Semoga bermanfaat ! [www.blogteknisi.com]

Check Also

motor induksi prinsip kerja jenis dan konstruksinya

Motor Induksi ; Prinsip Kerja, Jenis dan Konstruksinya

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Motor Induksi; …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *