resistor paralel

Memahami Resistor yang Dihubungkan Secara Paralel

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing postingan masih seputar resistor yakni bagaimana memahami rangkaian resistor yang dihubungkan secara Paralel. Berikut penjelasannya.

Teori Dasar

Pada rangkaian paralel terdapat dua atau lebih jalur untuk aliran arus. Gambar (a) memperlihatkan hal tersebut. Catat di sana jika terdapat satu resistor dicabut dari rangkaian, maka jalur untuk arus tetap ada melalu resistor yang tersisa. Di sana pada rangkaian paralel harus berupa rangkaian lengkap atau jalur agar arus mengalir ke setiap resistor. Tiap rangkaian masing masing disebut rangkaian cabang. Tahanan total pada hubungan paralel resistor dapat diukur antara titik A dan B. Tetapi saat anda melakukan pengukuran resistor ingat bahwa tegangan harus dilepas dari rangkaian.

Tahanan Total dari Resistor Paralel

Sangat wajar untuk mengasumsikan bahawa lebih banyak arus dapat mengalir dari baterai saat jumlah jalur adalah banyak dibanding satu jalurr saja. Sekarang jika arus lebih banyak mengalir dari sumber dimana merupakan penjumlahan tiap cabang, secara jelas perlawanan total (resistansi) kepada aliran arus akan lebih kecil. Tahanan total untuk aliran arus dari sumber tagangan akan berkurang ketika jumlah cabang bertambah. Secara nyata R total adalah lebih kecil dari R terkecil yang ada di rangkaian paralel. Hal ini akan kita perdalam lagi pada percobaan.

rangkaian paralel resistor
Gambar (a) Rangkaian paralel dengan tiga buah resistor
blok diagram radio
Gambar (b) Blok diagram radio penerima AM yang dihubungkan paralel dengan power supply

Secara matematis rumus untuk menghitung R total dari rangkaian paralel ialah

dalam hubungan paralel jika hanya dua resistor yang tersambung maka rumusnya :

Dengan adanya rumus matematika dapat memudahkan melalui fungsi tombol 1/x (Reciprocal) pada kebanyakan kalkulator elektronik. Baca instruksi dari pabrik untuk menggunakan tombol fungsi 1/x pada kalkulator anda.

Pada eksperimen hubungan seri, kita mengetahui bahwa radio, TV, dan komputer, rangkaiannya melalui signal menuju rangkaian seri. Rangkaian yang sama Gambar (b) dihubungkan paralel dengan power supply. dengan pengaturan ini satu sirkuit akan mempengaruhi akan mempengaruhi rangkaian yang lain untuk beroperasi. Pengetahuan tentang rangkaian paralel ini banyak membantu para teknisi dalam memperbaiki kerusakan pada kebanyakan peralatan elektronika.

Demikian postingan Om BT. Semoga bermanfaat!. [bt]

Sumber : MPTE-DLE SMK – Kemendikbud

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : blogteknisi@gmail.com

Check Also

resistansi total para rangkaian paralel

Resistansi Total Pada Resistor Hubungan Paralel

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang resistansi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *