cara mengecilkan ukuran pdf

Kecilkan Ukuran File PDF Anda Dengan Software Ini

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan berbagi tentang cara mengecilkan ukuran pdf. Semoga bermanfaat.

Sahabat BT, jika anda seorang kolektor file PDF yang memiliki ukuran file-file yang cukup besar tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi anda saat ada berkeinginan untuk mengirim atau sharing file-file tersebut melalui internet.

Jelas akan memakan waktu dan biaya saat anda mengunggah atau mengunduh file-file tersebut.  

Nah, sofware ini hadir untuk sedikit bisa mengatasi masalah tesebut dengan melakukan kompresi sampai beberapa persen dari ukuran file aslinya. Sofware ini dinamakan ORPHALIS PDF Reducer.

Sofware ini terdiri atas dua versi, free dan berbayar. Kita akan bahas yang free saja karena fitur yang berbayar hampir sama juga dengan yang free ini. Saat postingan ini dibuat software ini sudah sampai pada versi 1.1.12 dengan ukuran file 14,4 MB.   

Berikut penampakan halaman awal dari sofware ini ketika dijalankan :  

ORPHALIS PDF Reducer

Pada tampilan awal software ini hanya ada 4 tab diantaranya FILE, OPTIONS, HELP dan LANGUAGE.

Untuk menggunakan software ini sangatlah mudah, pertama kelompokkan file pdf yang ingin anda kompresi dalam satu folder.

Kemudian pada opsi “SOURCE” arahkan ke folder anda tadi dan pada opsi “DESTINATION” arahkan ke salah satu drive kosong, saran saya buat satu folder lagi untuk opsi “DESTINATION” ini guna menampung file-file yang sudah dikompresi.  

Setelah itu pilih “STAR BATCH” untuk menjalankan kompresi tunggu beberapa saat sampai selesai. Silahkan lihat gambar dibawah penampakan dari software ini saat melakukan kompresi.  

orpalis pdf reducer

Saat menguji software ini saya coba mengkompresi file pdf yang berukuran asli 1,26 MB dan hasilnya bisa turun sampai 231 KB, tanpa mengurangi kualitas file. Berikut penampakaannya :  

pdf reducer
SEBELUM
SESUDAH

Oh yah sebelum itu ada yang kelupaan pada awal sotware ini baru diinstall ke komputer anda, settingan untuk opsi “SOURCE” nya secara default adalah settingan folder sehingga saat kita mencari file PDF nya maka tidak akan terlihat yang ada hanya folder file PDF-nya saja.

Olehnya itu saya sarankan sebelum melakukan kompresi kelompokkan dulu file PDFnya pada satu folder sehingaa saat melakukan opsi “SOURCE” anda tidak kesulitan. 

Tapi tenang jika anda ingin merubah settingan tersebut menjadi kompresi per File anda bisa masuk ke TAB OPTIONS selanjutnya pilih TAB GENERAL di sana ada tiga input mode, silahkan pilih sesuai keinginan.

Berikut gambar untuk menerangkan :  

pdf reducer orpalis

Nah, karena ini versi gratis maka tidak semua fitur bisa diakses, silahkan dicoba sendiri untuk mengetahuinya lebih jauh. Yang pasti saat anda menggunakan versi gratis ini anda akan selalu mendapatkan pesan seperti ini :

The professional edition unlocks the following features:

– Multi threaded batch processing.
– No nag screen with no timer.
– Fully featured command line support.

Lebih lengkapnya silahkan tengok gambar di bawah :  

Untuk mendapatkan software ini silahkan langsung Download ORPALIS PDF Reducer Free Edition.

Demikian postingan Om BT tentang cara mengecilkan ukuran pdf. Semoga bermanfaat!. (www.blogteknisi.com)

Check Also

pengertian dan fungsi inframerah

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Infrared (Inframerah)

Senang bisa jumpa lagi sahabat BT. Hari ini Om BT akan sharing tentang Pengertian, Fungsi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *