cara mengatasi iphone yang hang alias crash

iPhone Anda Hang (Crash)?, Ini Solusinya!

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan berbagi cara mudah menangani iPhone yang mengalami hang atau crash. Semoga bermanfaat.

Sahabat BT, terkadang sebagai pengguna iPhone pemula sahabat menemui hal-hal yang kurang menyenangkan saat menggunakan smartphone canggih tersebut.

Salah satu masalah yang sering di jumpai adalah iPhone sahabat tiba-tiba mengalam hang alias crash.

Nah, seperti yang dikutip dari Mashable, kali ini saya akan membagi tips dan triknya.

Berikut langkah-langkah yang harus diambil ketika menjumpai iPhone sahabat dalam kondisi hang atau crash. Sebagai berikut :

1. Silahkan Restart iPhone Anda  

Tekan tombol Sleep or Wake di sisi kiri atas untuk mematikan iPhone anda. Jika masih belum ada respon maka coba lakukan hard reset dengan menekan tombol home dan tombol Sleep or Wake secara bersamaan selama kira-kira sepuluh detik hingga muncul logo Apple pada layar iPhone anda.  

2. Periksa Update-an OS iPhone Anda    

Biasanya OS yang jarang diupdate bisa menjadi penyebab iPhone menjadi hang/crash. Jadi, pastikan OS iPhone Anda selalu update agar iPhone anda dapat bekerja secara optimal.  

3. Mencoba System Restore  

Jika iPhone masalahnya sudah terlalu sering, mungkin sudah saatnya mencoba System Restore. Tapi perlu diingat melakukan System Restore akan menghapus semua data anda, oleh karena itu sebelum melakukan System Restore anda terlebih dahulu harus mem-backup data-data anda.  

4. Pemakaian Memory yang Optimal  

Walaupun iPhone anda memiliki kapasitas hingga 32 GB, sebaiknya jumlah kapasitas tersebut tidak digunakan semuanya. Sisakan beberapa GB untuk mencegah iPhone anda mengalami hal di atas, karena salah satu penyebab iPhone menjadi hang atau crash adalah pemakaian memory yang terlalu penuh.   

5. Isi Ulang Baterai Anda  

Jika iPhone Anda dalam kondisi yang lowbatt, kemungkinan layar akan tetap dalam kondisi padam untuk beberapa saat sebelum tampilan pengisian baterai muncul di layar, jadi Anda harus sedikit bersabar. 

6. Menutup Aplikasi Ekstra yang Terpakai  

Beberapa aplikasi tetap berjalan meskipun sudah ditutup dengan menekan tombol home. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, hal tersebut dapat menjadi pemicu iPhone menjadi hang atau crash.

Pastikan aplikasi yang tidak dibutuhkan berhenti beroperasi, caranya anda dapat menutup aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol home dua kali dan menutup aplikasi yang ada di bagian bawah layar.  

7. Hubungi Service Center Terdekat  

Jika segala usaha di atas masih tidak dapat mengembalikan iPhone Anda yang sedang hang atau crash, maka Anda harus membawa perangkat tersebut ke service center terdekat untuk mendapat penanganan dari para ahli. 

Demikian cara mudah menangani iPhone yang mengalami hang atau crash. Semoga bermanfaat sobat BT. Salam…! [bt]

Check Also

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test untuk Covid 19

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test untuk Covid 19

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing info terkait …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *