cara optimasi seo on page

Cara Optimasi SEO On Page untuk Website atau Blog

Bagi kalian yang sua nulis atau suka berbagi informasi pasti kalian ada keinginan untuk membuat blog atau website kan? Atau malahan kalian ada yang sudah membuat website dan sudah sering membagikan informasi? Nah kali ini ada tips untuk kalian yang suka nulis artikel biar konten yang ditulis lebih bernilai dan berkualitas dari sisi isinya maupun dari sisi website blog kalian.  

Salah satu tipsnya adalah melakukan Optimasi SEO On Page. Bagi kalian yang sudah sering searching dan surfing di internet pasti sudah tidak asing dengan istilah SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.    

Untuk mengoptimasi SEO On Page ini anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini atau bisa juga menggunakan mitra yang menyediakan layanan Jasa SEO profesional.  

Dan mengapa SEO On Page? SEO On Page adalah upaya untuk mengoptimasi SEO yang dilakukan pada konten atau artikel yang posting. Optimasi SEO On Page fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten yang posting. Seperti misalnya tulisan, gambar atau pun dari permalink yang digunakan.    

SEO On Page   

Oke mari kita langsung saja mengulas tentang bagaimana kita mengatur agar sesuai dengan standard SEO On Page  

1. Membuat Konten Berkualitas   

Konten adalah sesuatu yang penting dan utama yang bakalan di sajikan kepada user. Karena dari konten tersebut diharapkan bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan dari pengguna. Sehingga pengguna tidak kecewa ketika membuka konten artikel yang telah dibuat.  

Selain itu membuat konten juga perlu memperhatikan kondisi tren yang sekarang ini sedang muncul atau membagikan ilmu yang terbaru dan update. Karena jika membuat konten yang model lama atau yang sepi peminatnya maka kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung juga akan susah. Dan orang akan mencari sesuatu yang dibutuhkan atau mencari sesuatu yang sedang menjadi tren.  

2. Menggunakan Kata Kunci   

Ketika membuat artikel, anda hendaknya menargetkan kata kunci. Karena kata kunci akan sangat berpengaruh pada peringkat SEO dan hal-hal lainnya. Pilihlah kata kunci sesuai dengan artikel yang sedang dibuat. Karena kata kunci tersebut akan digunakan untuk melengkapi poin-poin setelah ini.  

3. Menggunakan Judul Yang Menarik   

Judul pastinya sesuai dengan isi artikel yang telah dibuat dan sesuai dengan kata kunci yang anda target juga. Namun jika dibuat seperti umumnya maka akan terlihat biasa aja dan tidak menarik. Maka dari itu anda perlu memberikan kata tambahan yang bisa membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membuka judul artikel anda.  

Kata ajakan itu seperti “Simak artikel ini”, “Informasi Terbaru” atau kata ajakan lainnya yang bisa menarin pembaca. Namun usahakan judul yang menarik tersebut tetap sesuai dengan isi artikel, Sehingga tidak ada pembaca tidak kecewa dan meninggalkan website anda.  

4. Menggunakan Permalink Yang Sesuai   

Permalink adalah url yang akan dijadikan untuk mengakses artikel tersebut. Permalink sesuai itu adalah permalink yang menggunakan kata kunci yang telah anda target di poin sebelumnya. Jadi pastika untuk menggunakan permalink jika website anda bisa melakukan untuk mengubah permalink tersebut.  

5. Menambahkan Gambar Atau Video   

Artikel tang hanya berupa teks saja sudah pasti akan membosankan bagi para bembaca. Maka dari itu disarankan untuk menambahkan gambar ataupun video untuk menambah keberagaman isi konten yang disajikan pada artikel yang anda buat. Selain itu menambah gambar dan video memiliki kemungkinkan lebih besar untuk meningkatkan peringkat pada hasil pencarian di google.  

6. Menggunakan Heading   

Ternyata heading juga berpengaruh terhadap isi konten yang disajikan. Bisa berpengaruh untuk memudahkan pembaca memahami poin-poin pembahasan dan juga berpengaruh pada struktur konten untuk di proses oleh mesin pencari.  

Dari sisi pembaca akan dimudahkan bagian mana poin yang ingin dibaca atau bagian mana yang ingin di pahami sehingga tidak membingungkan. Karena dengan begitu poin-poin yang bahas akan jelas terlihat berbeda dengan menggunakan heading.  

7. Menambahkan Link Internal   

Link internal adalah link yang mengarahkan ke halaman artikel lain pada website anda. Dengan menambahkan link internal pada konten, maka anda bisa menyajikan penjelasan artikel yang lebih lengkap dan saling memiliki keterkaitan untuk para pembaca.  

Selain memudahkan pembaca, menambahkan link internal juga akan meningkatkan peringkat di google, pasalnya mesin pencari akan mengetahui jika artikel yang ada di web anda saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, sehingga membuat website anda diutamakan karena kompleks.  

8. Menambahkan Link Eksternal   

Selain link internal, anda juga disarankan untuk menambahkan link eksternal. Link eksternal adalah link yang mengarahkan ke artikel lain pada website yang berbeda untuk memberikan penjelasan lebih lengkap.  

Pastikan link eksternal tersebut mengarah ke website yang menjadi rujukan artikel anda yang memiliki reputasi baik. Karena dengan harapan bahwa website anda memiliki sumber yang bagus dan bisa sama-sama meningkatkan peringkat pada mesin pencarian.  

9. Optimati Konten   

Selanjutnya adalah optimasi konten. Setelah artikel yang anda buat sudah jadi, sudah memiliki konten yang berkualitas, sudah memiliki judul yang menarik, menggunakan heading, menambahkan gambar dan menambahkan link langkah selanjutnya adalah mengoptimasi Konten.  

Optimasi konten yaitu mengoptimasi bagian meta tag pada halaman atau atribut alt gambar. Setiap halaman website perlu mengisi bagian meta tag nya agar lebih memudahkan mesin pencari memahami halaman website kita.  

Biasanya meta tag yang perlu untuk diisi adalah meta description dan meta keyword. Jika anda menggunakan website wordpress, anda bisa menambahkannya dengan menggunakan plugin seo untuk memudahkan anda. Pastikan juga meta tersebut mengandung kata kunci yang anda targetkan.  

Kemudian adalah mengoptimasi gambar. Gambar memiliki atribut alt, deskripsi dan yang lainnya. Maka untuk lebih memudahkan mesin pencarian mengetahui gambar, isilah atribut-atribut gambar sesuai dengan penjelasan gambar itu, dan disarankan untuk menambahkan kata kunci pada atribut tersebut.  

Sekian dari ulasan kami tentang Optimasi SEO On Page, semoga menambah wawasan anda. Terima kasih. [www.blogteknisi.com]

Check Also

Apa Itu Ad Balance di Google Adsense

Hallo sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini OM BT bakal sharing info tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *