Cara Mudah Merawat Unit Outdoor AC

Cara Mudah Merawat Unit Outdoor AC

Dear sahabar BT, senang bisa jumpa lagi. Pada postingan kali ini Om BT akan berbagi tentang cara merawat unit outdoor AC. Silahkan disimak semoga bermanfaat.

Penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan (evaporative cooling), biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor

Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

gambaran sederhana siklus pendingin
Gambaran sederhana siklus pendingin. 1: kondensor, 2: katup ekspansi, 3: evaporator, 4: kompresor.

Baik kita akan masuk pada pembasan utama bagaimana cara merawat unit Outdoor AC (Air Conditioner). Apabila AC anda ingin bekerja optimal sehingga kualitas kesejukannya maksimal. Pastikan seluruh komponen AC selalu dalam perawatan.

AC yang bersih menjadikan seluruh sistem kerjanya berjalan lancar. Tak ada lagi hambatan sirkulasi udara. Kerja komponen AC, seperti kompresor, tak lagi berat. AC pun bisa bertahan lama. Maka perawatan berkala wajib dilakukan.    

Ada dua proses pembersihan AC, yaitu “skala kecil” dilakukan untuk unit bagian dalam (indoor), misalnya filter dan penutup AC, dan yang “skala besar” mencakup komponen Indoor (evaporator-nya) dan bagian luar (outdoor).

Pembersihan skala kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu. Pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Alumunium cleaner (Applied)
  • Kuas
  • Obeng Kembang
  • Tang kombinasi
  • Selotip
  • Plastik
  • Selang air
  • Ember
  • Kain lap
  • Sprayer

Langkah-langkah Pengerjaan:

  1. Buka penutup dengan melepas setiap baut pengunci. Lalu siapkan cairan pembersih alumunium dan campur dengan air, perbandingan 1:1.
  2. Oleskan cairan pembersih menggunakan kuas, mengikuti arah kisi-kisi alumunium. Kemudian tunggu lima menit sampai terlihat debu-debunya terangkat.
  3. Siram elemen tersebut dengan air bertekanan. Keringkan sebelum dipasang.

Demikian, postingan Om BT tentang cara mudah merawat Outdoor AC. Semoga bermanfaat !!! [www.blogteknisi.com]

Check Also

Kenalilah 5 Komponen dari Unit AC Anda

Kenalilah 5 Komponen dari Unit AC Anda

Dear Sahabat BT, masih tentang pembahasan AC (Air Conditioner). Postingan kali ini, Om BT ingin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *