cara cek imei smartphone handphone

Cara Mudah Cek Nomor IMEI Handphone

Alhamdulillah senang bisa jumpa lagi sahabat BT, hari ini Om BT akan sharing tentang Cara Cek Nomor IMEI Handphone. Belum lama ini pemerintah dalam hal ini Kominfo, Kemenperin, dan Kemendag sudah mulai merasia handphone yang dibeli lewat black market (BM) alias ilegal.

Jika ketahuan handphone anda ilegal maka pemerintah akan memblokir akses internet dan komunikasi anda melalui operator seluler. Meskipun demikian, ponsel masih mungkin dapat digunakan menggunakan sambungan wifi.

Walau dengan itu masih ada kabar baik bagi anda yang ternyata handphonenya ilegal. Menurut pemerintah aturan di atas tidak berlaku surut. Artinya jika handphone anda sebelumnya diperoleh dengan cara black market anda tetap aman tidak akan terimbas dengan aturan ini.

Bagaimana cara pemerintah bisa tahu handphone kita ilegal atau tidak? jawabannya dari nomor IMEI. IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan kode unik setiap handphone yang dikeluarkan dan berlaku secara internasional.

Nah, dari nomor IMEI ini pemerintah akan melacak handphone siapa saja yang masuk ke Indonesia tidak mengantongi izin alias ilegal. Untuk mengetahui handphone anda legal atau ilegal bisa dicek lewat alamat situs ini : https://imei.kemenperin.go.id/.

Setelah masuk ke alamat situs di atas anda akan diminta memasukan 15 digit nomor IMEI handphone anda untuk melakukan pengecekan.

Jika muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” maka ponsel didistribusikan melalui jalur legal. Sebaliknya, apabila setelah dicek di situs Kemenperin dan nomor IMEI belum terdaftar di situs Kemenperin maka ponsel tersebut bisa jadi adalah ponsel BM yang masuk ke Indonesia dengan cara ilegal.

Berikut beberapa cara mudah cek nomor IMEI handphone :

Tekan *#06#

Pada menu panggilan telepon tekan *#06# secara otomatis akan keluar nomor IMEI handphone anda.

Cek di Body Belakang Handphone

Biasanya saat handphone baru kita beli, produsen menyertakan nomor IMEI di body belakang luar atau di body belakang setelah battery dicopot.

Cek di Cover Kotak Handphone

Nomor IMEI juga bisa disertakan oleh produsen di cover kotak handphone anda. Silahkan dicek.

Cek di Menu Setting (pengaturan)

Untuk perangkat IOS ada di menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android terdapat di menu Setting > About Phone > Status.

Demikian Cara Cek Nomor IMEI Handphone, semoga bermanfaat. [bt]

Check Also

Pengertian, fungsi dan penjelasan Bluetooth

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Bluetooth

Dear Sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan membahas pengertian, fungsi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *