cara membersihkan headphone dan earbuds

5 Tips Membersihkan Headphone atau Earbuds

Headphone atau earbuds bisa menjadi sarang kotoran andai tak dibersihkan. Kotoran-kotoran semisal sel kulit, sebum, kotoran kuping dan produk perawatan bisa saja menempel di perangkat tersebut.

Membersihkan kedua perangkat itu pun tak bisa sembarangan. Anda tak bisa sembrono menghisapnya atau meniupnya.

Pasalnya, hal itu bisa jadi merusak perangkat tersebut. Mengutip New York Times, terdapat beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan.

Apa saja cara itu?

1. Gunakan Kain

Anda bisa mengusap-usap headphone atau earbuds Anda secara reguler menggunakan kain lembab dan lembut seperti yang digunakan pada pakaian. Anda bisa melakukannya satu kali seminggu.

Saat melakukan ini, pastikan headphone Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke dalam ponsel Anda. Setelahnya, segera keringkan perangkat Anda dengan kain yang lembut.

Jangan gunakan alkohol karena itu bisa merusak warna atau lapisan kulit bawaannya.

2. Gunakan Sikat Lembut

Untuk membersihkan bagian dalamnya, Anda bisa menggunakan alat pembersih seperti sikat yang sangat lembut dan kecil. Saat melakukannya, usahakan sedekat mungkin membersihkan earbuds dengan permukaan tanah.

Gaya gravitasi bisa membantu Anda membersihkan debu-debu yang menempel.

3. Bersihkan Bungkus (casing) dan Koneksi Baterai

Setelah membersihkan headphone atau earbuds, jangan lupa pula membersihkan casing dan konektornya. Casing dan konektor biasanya terpadat pada headphone yang mengandalkan koneksi bluetooth atau wifi.

Untuk perangkat Airpods, Apple merekomendasikan penggunaan kain yang kering. Anda juga bisa menambahkan alkohol jenis isopropyl untuk membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbuds.

4. Gunakan Kain Mikrofiber

Mengutip 9toMac5, salah satu kain yang cukup bagus digunakan adalah jenis mikrofiber. Kain tersebut bisa dibasahi terlebih dahulu dengan Clorox atau ehtyl.

Setelah itu, copot bagian karet (jika ada) pada earbuds atau headphone Anda. Kemudian, bersihkan karet tersebut dengan air segar sebelum dikeringkan.

5. Gunakan Blue Tack

Blue Tack singkatnya adalah benda lengket yang bisa menempel di kaca, papan dll. Anda bisa menggunakannya untuk mengangkat debu-debu dan kotoran yang lengket di headphone atau earpods.

Blue Tack juga terbilang cukup terjangkau. Di marketplace, harganya tak sampai Rp20 ribu. []

Sumber : CNN

About blogteknisi

Hai, perkenalkan kami admin Blog Teknisi. Kami biasa dipanggil Om BT. Senang bisa sharing seputar info, tips dan tutorial teknis. Untuk bisnis bisa kotak kami di sini : blogteknisi@gmail.com

Check Also

cara cek imei smartphone handphone

Cara Mudah Cek Nomor IMEI Handphone

Alhamdulillah senang bisa jumpa lagi sahabat BT, hari ini Om BT akan sharing tentang Cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *