4 Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin

4 Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Pada kesempatan ini Om BT akan berbagi tips dan trik tentang Air Conditioner alias AC yang tidak dingin. AC yang tidak dingin memiliki banyak penyebab dan cara mengatasinya juga banyak tergantung jenis penyebabnya.

Dibutuhkan diagnosis yang komplit untuk mengetahui penyebabnya.

Penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

AC pada umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan (evaporative cooling), biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor

Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Nah kembali kepada penyebab AC tidak dingin, ada beberapa jenis-jenis penyebabnya, sebagai berikut :

1. Freon Berkurang atau Habis  

Freon adalah zat yang amat penting di dalam sistem pendingin karena mempunyai fungsi sebagai media guna memindahkan suhu panas dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan.

Oleh karena itu sewaktu pendingin kurang maka akan menyebabkan proses penyerapan panas tidak bisa terjadi pada semua bagian evaporator sehingga menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan secara maksimal. Untuk mengatasi masalah ini mesti menambahkan freon.  

2. Kondensor Kotor  

Kondensor adalah komponen dalam sistem pendingin yang berguna dalam membuang kalor yang sudah diserap oleh pendingin melalui evaporator. Apabila kondensor terebut kotor maka akan mengakibatkan udara tidak bisa melewati kondensor dengan baik, dan temperatur pada kondensor akan semakin naik sebab terjadinya perpindahan kalor dari pendingin ke lingkungan.  

3. Kompresor Kurang Maksimal  

Kompresor adalah komponen yang sangat berpengaruh dalam sistem pendingin karena mempunyai fungsi untuk mensirkulasikan pendingin sehingga bisa terjadi perpindahan kalor dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan.

Apabila kompresor lemah maka akan menyebabkan sirkulasi pendingin lebih lambat dari kondisi normal, sehingga menyebabkan perpindahan kalor pun akan melambat.

Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan perbaikan ataupun penggantian kompresor. Kompresor yang lemah bisa diakibatkan oleh mekanik, lilitan ataupun komponen pendukung semisal oli serta kapasitor.  

4. Evaporator Kotor  

Evaporator adalah komponen mesin pendingin yang berguna untuk menyerap panas di dalam ruangan menuju ke luar ruangan dengan media pendingin sebagai perantaranya. Apabila evaporator kotor maka mengakibatkan dalam penyerapan panas tidak akan maksimal karena sirkulasi udara terhalang oleh kotoran yang menempel terhadap evaporator. Untuk mengatasinya mesti dilakukan Service Cleaning guna membersihkan evaporator.  

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin yang kerap terjadi, baiknya dilakukan service atau cek secara berkala agar AC tetap dapat digunakan untuk membuat ruangan anda tetap dingin dan nyaman. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda.  

Demikian postingan Om BT tentang penyebab dan cara Mengatasi AC yang tidak dingin. Tulisan ini Om BT dapatkan dari salah satu market place di Indonesia. Semoga bermanfaat. [www.blogteknisi.com]

Check Also

Instalasi perpipaan mesin cuci dan peralatannya

Instalasi Perpipaan Mesin Cuci dan Peralatannya

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang instalasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *