cara menghilangkan karat pada besi

10 Cara Menghilangkan Karat (Korosi) pada Besi

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang 10 cara menghilangkan karat (korosi) pada besi. Semoga bermanfaat.

Sahabat BT, karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.xH2O.

Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.

Persamaan reaksi pembentukan karat sebagai berikut:

Anode: Fe(s) → Fe2+(aq) + 2e
Katode: O2(g) + 4H+(aq) + 4e → 2H2O(l)

Karat yang terbentuk pada logam akan mempercepat proses pengaratan berikutnya. Oleh sebab itu, karat disebut juga dengan autokatalis.

Mekanisme terjadinya korosi adalah logam besi yang letaknya jauh dari permukaan kontak dengan udara akan dioksidasi oleh ion Fe2+. Ion ini larut dalam tetesan air.

Tempat terjadinya reaksi oksidasi di salah satu ujung tetesan air ini disebut anode. Elektron yang terbentuk bergerak dari anode ke katode melalui logam.

Elektron ini selanjutnya mereduksi oksigen dari udara dan menghasilkan air. Ujung tetesan air tempat terjadinya reaksi reduksi ini disebut katode.

Sebagian oksigen dari udara larut dalam tetesan air dan mengoksidasi Fe2+ menjadi Fe3+ yang membentuk karat besi (Fe2O3.H2O).

Adapun cara menghilangkan karat (korosi) pada besi bisa menggunakan dengan menggunakan bahan-bahan berikut :

1. Baking Soda

Baking Soda atau Soda Kue atau Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti “mengembang”.

Selain dipakai pada pembuatan kue, Baking Soda juga bisa dipakai untuk membersihkan karat. Caranya, buatlah Baking Soda menjadi adonan pasta, lalu tempelkan pada barang yang berkarat.

Diamkan selama beberapa jam, lalu gosok dengan sikat gigi hingga karat hilang. Setelah itu, kamu hanya perlu membersihkannya dengan air bersih.

2. Kentang

Asam oksalat yang terkandung pada kentang membantu menghilangkan penumpukan karat. Metode ini sangat berguna untuk benda kecil yang berkarat, seperti pisau. Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat:

a. Cukup menusuk pisau masuk ke dalam kentang dan biarkan selama sehari atau semalam. (Hati-hati saat menusuk kentang). Angkat pisau dari kentang dan gosok bersih karat.

b. Iris kentang menjadi dua bagian, lapisi bagian dalam dengan soda kue secukupnya, dan gosoklah dengan kuat permukaan berkarat dengan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasif, seperti sabut baja.

3. Pakai Cuka Biasa

Cara menghilangkan karat juga bisa memakai cuka biasa. Tuangkanlah cuka secukupnya pada bagian benda dan besi yang berkarat dan diamkanlah selama 24 jam.

Setelah didiamkan, mulailah dengan menggosok bagian karat dengan menggunakan sikat maupun spons. Sebaiknya, gunakan penggosok dengan bahan alumunium foil. Selain cuka biasa, cuka lainnya yang bisa digunakan adalah jenis cuka putih.

4. Asam Sitrat

Larutan asam juga terbukti ampuh dalam menghilangkan karat. Salah satu yang bisa Anda coba adalah asam sitrat. Mendapatkannya pun mudah, Anda bisa membeli di toko makanan maupun toko kue atau di supermarket. Langkah menggunakannya adalah dengan mencampurkan asam sitrat dengan air hangat.

Setelah keduanya tercampur dalam sebuah wadah berukuran sedang, maka kamu bisa merendam logam atau benda yang berkarat kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Saat karat mulai melunak dan mengelupas, sikatlah permukaan dengan sikat maupun sabun. Lakukanlah selama berulang kali hingga karat benar-benar hilang.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya menyegarkan bagi siapa saja, terutama saat cuaca panas. Namun, tahukah Anda jika minuman bersoda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat? Selain itu, cara menggunakannya juga tergolong sangat mudah.

Anda cukup menuangkan minuman bersoda tersebut secukupnya ke dalam sebuah wadah. Setelah minuman bersoda tadi dituangkan, maka rendamlah benda atau besi yang berkarat tadi di wadah yang berisi minuman bersoda.

Diamkanlah selama beberapa saat sampai karat benar-benar hilang dan bersih. Lanjutkanlah dengan membersihkan besi maupun benda yang karatnya sudah hilang tadi menggunakan lap basah dan lanjutkan dengan lap kering.

6. Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama.

Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

7. Sabun Cuci Piring

Bila selama ini Anda menganggap sabun cuci piring hanya bisa digunakan untuk membersihkan noda pada piring dan gelas, tentu itu wajar.

Namun, sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Ini bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikannya bersama kentang.

8. Pakai Ampelas

Cara menghilangkan karat terakhir yang sudah sangat terkenal yaitu menggunakan ampelas.

Sebetulnya cara ini tak begitu efektif, apalagi jika digunakan untuk mengikis karat yang membandel pada berbagai peralatan rumah tangga.

Namun, ampelas bisa digunakan sebagai cara pelengkap baik sebelum ataupun setelah menggunakan cara-cara di atas.

Misalnya, menggunakan ampelas sebelum merendam dengan air cuka ataupun setelahnya.

9. Asam Klorida

Asam fosfat dan klorida adalah barang rumah tangga biasa yang murah dan sangat baik untuk mengatasi karat. Di sinilah Anda dapat menemukan bahan tersebut, dan cara menggunakannya:

a. Asam fosfat sebenarnya adalah “konverter” karat karena ia merubah oksida besi (atau karat) menjadi fosfat besi, sebuah lapisan hitam. Rendam bahan berkarat dalam asam fosfat dan biarkan semalaman. Kemudian biarkan kering. Kikis bersih besi fosfat setelah permukaan kering. Asam fosfat dapat diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan molase.

b. Asam klorida sering digunakan dalam industri baja untuk “mengawetkan” baja dengan cara menghilangkan karat atau kerak air. Asam klorida dapat ditemukan di beberapa bahan pembersih rumah, kebanyakan pada pembersih kakus toilet.

c. Asam klorida terus bekerja, bahkan setelah Anda membilas dan mengeringkannya. Uapnya bisa memengaruhi benda dengan lapisan metal lainnya yang ada di ruangan yang sama, serta mengubah warna benda tersebut. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan memanaskan benda yang sudah diberi asam klorida dalam oven atau di atas nyala api. Anda juga bisa menggunakan pasta kapur penetral, atau lim.

10. Pakai Solar

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat yaitu bahan bakar solar. Cukup mudah juga kok membasmi karat dengan bahan ini.

Kamu hanya perlu merendam barang yang berkarat dengan solar semalaman agar karat-karatnya luruh. Esoknya, barang yang berkarat tinggal digosok dengan sikat gigi dan kemudian dibersihkan.

Demikian 10 cara menghilangkan karat (korosi) pada besi. Semoga bermanfaat. [bt]

Check Also

spesifikasi pesawat Lion Air JT 610

Ini Spesifikasi Pesawat Lion Air JT 610 yang Jatuh di Perairan Karawang

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang spesifikasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *